Rabu, 07 April 2010

KOMUNIKASI PEMASARAN

Komunikasi pemasaran adalah : kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau memberikan informasi kepada konsumen agar perusahan tercapai,yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pemberiian produk yang di tawarkan atau Produk-produk dan merek yang mereka jual melalui berbagai media,dengan harapan agar komunikasi dapat menghasilkan tiga tahap perubahan, yaitu perubahan pengetahuan,perubahan sikap, dan perubahan tindakan yang di kehendaki.

Ada beberapa factor komunikasi pemasaran diantaranya :

· Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan oleh seperti apa, dan dimana serta kapan.

· Konsemen dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merek.

· Dan konsumen diberikan satu insentif atau imbalanuntuk percobaan atau penggunaan.

Komunikasi pemasaran dan Ekuitas Merek

· Bauran Pemasaran terdiri dari 6 cara komunikasi utama :

1. Iklan : setiap bentuk persentasi yang bukan di lakukan orang dan berupa promosi gagasan,barang,atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan .

2. Promosi penjualan : Berbagai jenis insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba atau membeli produk atau jasa.

3. Acara khusus dan pengalaman :Perusahan mensponsori kegiatan dan program-program yang dirancang untuk menciptakan interaksi yang berkaitan dengan merek.

4. Hubungan masyarakat dan pemberitaan : Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produk.

5. Pemasaran Langsung : Penggunaan surat, telepon,faximili,email,internet untuk berkomunikasi langsung atau meminta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

6. Penjualan Pribadi : Interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan , dan memperoleh pemesanaan.

Ekuitas Merek ( david A. aaker – 2000 ) : serangkaian asset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek,nama, dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang di berikan sebuah produk atau jasa kepada perusahan jasa atau perusahaan tersebut.

Contohnya ekuitas merek : MCDonald’s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar